• 16 August 2016
    Layanan Satu Pintu Gramedia Printing
    Distribusi merupakan proses terpenting dalam bisnis suatu perusahaan. Ketepatan waktu, kualitas barang saat tiba, hingga rendahnya biaya yang dikeluarkan menjadi beberapa faktor yang sangat mempengaruhi. Bisa dibayangkan jika pelanggan terlambat menerima produk yang diinginkan, dengan kondisi yang buruk dan sudah mengeluarkan biaya yang besar.
  • 28 July 2016
    Gramedia Printing Turut Menyukseskan Program Buku Pelajaran Murah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
    Kebutuhan buku teks kurikulum 2013 edisi revisi 2016 semakin meningkat karena saat ini tahun ajaran baru sudah dimulai. Buku teks adalah instrumen yang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar.
  • 24 February 2016
    Percetakan Digital vs Percetakan Offset
    Menjamurnya percetakan digital beberapa tahun terakhir menimbulkan banyak pertanyaan terhadap percetakan offset. Banyak pihak yang menilai, percetakan offset akan kehilangan pangsa pasarnya karena percetakan digital.
  • 05 October 2015
    Frankfurt, Shakespeare, dan Festival Buku
    Frankfurt Book Fair adalah festival buku tertua dan terbesar di dunia. Sejarah panjang Frankfurt Book Fair tentunya tidak lepas dari peran penerbit buku serta percetakan yang pada awalnya masih dilakukan secara manual, sebelum akhirnya mesin cetak mekanis oleh Johannes Gutenberg pada pertengahan abad 15. Frankfurt Book Fair dimasanya juga menjadi tempat dari karya-karya pujangga legendaris Inggris, William Shakespeare.

HOME / ARTICLE

Wednesday, 24 February 2016 | 09.40 WIB

Percetakan Digital vs Percetakan Offset

Menjamurnya percetakan digital beberapa tahun terakhir menimbulkan banyak pertanyaan terhadap percetakan offset. Banyak pihak yang menilai, percetakan offset akan kehilangan pangsa pasarnya karena percetakan digital. Sejauh ini, percetakan digital dan percetakan offset memiliki karakteristik yang berbeda. Perbedaan ini pula yang akan menjadi kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Percetakan digital adalah jenis percetakan yang bisa digolongkan berkembang akhir-akhir ini. Kelebihan yang ditawarkan percetakan ini adalah biaya cetaknya yang lebih murah hingga 1.000 eksemplar karena tidak menggunakan plat serta kecepatan produksinya yang memungkinkan selesai dalam waktu singkat. Selain itu, akurasi cetakan berdasarkan proof juga bisa tercapai karena mesin digital mampu mencetak detail dengan baik. Namun, kekurangan mendasar dari mesin digital adalah tidak semua ukuran kertas bisa dicetak. Begitu juga dengan jenis tinta karena seringkali ditemui crack pada hasil cetakan mesin digital. Terlebih, jika kebutuhan cetak sangat banyak (diatas 1.000 eksemplar), maka biaya yang dikeluarkan jika dibandingkan dengan mesin offset akan jauh lebih mahal.

Percetakan offset adalah jenis percetakan yang sudah eksis sejak beberapa dekade yang lalu. Kelebihan utama dari jenis percetakan ini adalah kualitas cetakannya yang lebih baik serta memiliki kemampuan untuk mencetak skala besar dengan harga yang ekonomis. Percetakan offset juga memungkinkan pelanggan untuk menggunakan berbagai macam jenis kertas dan finishing – finishing sesuai dengan kebutuhan. Tetapi, kelemahan utama dari percetakan offset adalah proses persiapannya yang memakan waktu panjang. Ini dikarenakan dalam proses persiapan, percetakan offset membutuhkan penyesuaian dan juga membuat plat sebagai basis pencetakan. Selain itu, proses proofing juga memakn biaya yang tidak murah menjadikan percetakan offset tidak ekonomis untuk skala kecil.

Jenis percetakan manakah yang lebih baik? Tentu tidak bisa ditentukan. Percetakan digital dan offset memiliki kelebihan dan kelemahannya masing-masing, sehingga kedua jenis percetakan ini saling mengisi kekurangan masing-masing. Gramedia Printing berkomitmen untuk memenuhi kepentingan pelanggan dan menyediakan kedua layanan ini. Untuk info lebih lanjut, dapat menghubungi (+62-21) 5480888 atau 5483008 (ext. 2605).