• 16 August 2016
    Layanan Satu Pintu Gramedia Printing
    Distribusi merupakan proses terpenting dalam bisnis suatu perusahaan. Ketepatan waktu, kualitas barang saat tiba, hingga rendahnya biaya yang dikeluarkan menjadi beberapa faktor yang sangat mempengaruhi. Bisa dibayangkan jika pelanggan terlambat menerima produk yang diinginkan, dengan kondisi yang buruk dan sudah mengeluarkan biaya yang besar.
  • 28 July 2016
    Gramedia Printing Turut Menyukseskan Program Buku Pelajaran Murah Kurikulum 2013 Edisi Revisi
    Kebutuhan buku teks kurikulum 2013 edisi revisi 2016 semakin meningkat karena saat ini tahun ajaran baru sudah dimulai. Buku teks adalah instrumen yang paling penting dalam kegiatan belajar mengajar.
  • 24 February 2016
    Percetakan Digital vs Percetakan Offset
    Menjamurnya percetakan digital beberapa tahun terakhir menimbulkan banyak pertanyaan terhadap percetakan offset. Banyak pihak yang menilai, percetakan offset akan kehilangan pangsa pasarnya karena percetakan digital.
  • 05 October 2015
    Frankfurt, Shakespeare, dan Festival Buku
    Frankfurt Book Fair adalah festival buku tertua dan terbesar di dunia. Sejarah panjang Frankfurt Book Fair tentunya tidak lepas dari peran penerbit buku serta percetakan yang pada awalnya masih dilakukan secara manual, sebelum akhirnya mesin cetak mekanis oleh Johannes Gutenberg pada pertengahan abad 15. Frankfurt Book Fair dimasanya juga menjadi tempat dari karya-karya pujangga legendaris Inggris, William Shakespeare.

HOME / ARTICLE

Monday, 05 October 2015 | 17.13 WIB

Frankfurt, Shakespeare, dan Festival Buku

Frankfurt Book Fair adalah festival buku tertua dan terbesar di dunia. Sejarah panjang Frankfurt Book Fair tentunya tidak lepas dari peran penerbit buku serta percetakan yang pada awalnya masih dilakukan secara manual, sebelum akhirnya mesin cetak mekanis oleh Johannes Gutenberg pada pertengahan abad 15. Meskipun demikian, realitanya adalah di abad tersebut Frankfurt tidak memiliki universitas maupun percetakan besar. Namun, lokasi Frankfurt yang terletak diantara sungai Rhine dan Main membuat kota ini menjadi kota perdagangan yang strategis dan menjadi kunci perdagangan buku di Eropa di masa tersebut. Inilah yang membuat Frankfurt menjadi kota terpenting di Eropa dalam perdagangan buku pada abad 15 sampai 17.

Frankfurt Book Fair pada awalnya bukanlah festival yang didesain secara khusus. Berawal dari sebuah pekan raya yang diadakan secara berkala di Frankfurt, kegiatan jual beli yang terjadi meliputi kristal, kuda, senjata, hingga barang-barang yang terbuat dari logam. Di awal abad 14, jual beli manuskrip menandai masuknya jual beli buku dalam pekan raya tersebut. Secara bertahap, penerbit yang menjual bukunya semakin banyak dan pekan raya tersebut menjadi sentral perdagangan buku dari seluruh penjuru Eropa. Hingga akhirnya, terbentuklah Frankfurt Book Fair yang terlepas dari pekan raya sebelumnya.

Namun, berkibarnya nama Frankfurt Book Fair bukan berarti memiliki jalan yang mulus. Tekanan untuk penyensoran dari beberapa pihak, Perang Tiga Puluh Tahun yang meluluhlantakan Eropa, serta kemunculan festival serupa di kota Leipzig membuat Frankfurt Book Fair kehilangan posisinya. Praktis, sejak pertengahan abad 18, Frankfurt Book Fair menutup diri hingga setelah Perang Dunia II, Frankfurt Book Fair modern dimunculkan kembali.

Frankfurt Book Fair dimasanya juga menjadi tempat dari karya-karya pujangga legendaris Inggris, William Shakespeare. Seperti yang dikutip dari buku The Millionaire and The Bard : Henry Folger’s Obsessive Hunt for Shakespeare’s First Folio, Frankfurt Book Fair menjadi tempat pertama diluncurkannya karya Shakespeare seperti The Tempest, Macbeth, dan Measure for Measure pada tahun 1622. Tentunya, tanpa publikasi perdana ini karya-karya legendaris Shakespeare hamper bisa dipastikan akan hilang.

Sejarah panjang Frankfurt Book Fair menunjukan bagaimana bergengsinya festival ini dan merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Gramedia Printing yang telah ditunjuk sebagai co-exhibitor resmi festival buku terbesar di dunia. Silahkan kunjungi stand Gramedia Printing di Hall 4.0 C73 Booth 1, National Stand pada tanggal 14-18 Oktober 2015.

(Muhammad Diko)